Welcome To My Blog

Selasa, 10 Januari 2012

SOSIOLOGI

Sosiologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari masyarakat sebagai keseluruhan yakni antar hubungan di  antara manusia, manusia dengan kelompok, baik formil maupun materiel, baik statis maupun dinamis.

1.      Arti penting sosiologi di bidang kesehatan
Sebagai pelaksana asuhan keperawatan
a.       Proses keperawatan
Factor penting dalam survival klien dan dalam aspek-aspek pemeliharaan, rehabilitative, dan preventif perawatan kesehatan.
b.      Sebagai anggota tim kesehatan
Untuk memberikan asuhan keperawatan  menggunakan diagnose keperawatan yang dikelompokkan dalam kategori yang berkaitan dan dengan berkolaborasi dengan tim kesehatan yang lain seperti dokter, gizi, apotik , dll.

2.      Proses Sosial
Interaksi social merupakan hubungan-hubungan social yang dinamis yang menyangkut hubungan antara orang-orang perseorang, antara kelompok-kelompok manusia, maupun antara orang perorangan dengan kelompok manusia.

3.      Interaksi Sosial
Berlangsungnya proses interaksi didasarkan pada pelbagai factor antara lain factor imitasi, sugesti, identifikasi, dan simpati. Factor tersebut dapat bergerak sendiri maupun dalam keadaan tergabung.
a.       Imitasi
Merupakan proses meniru. Dapat mendorong seseorang untuk mematuhi kaidah-kaidah dan nilai-nilai yang berlaku. Namun imitasi dapat mengakibatkan terjadinya hal-hal yang negative. Imitasi juga dapat melemahkan atau bahkan mematikan pengembangan daya kreasi seseorang.

b.      Sugesti
Berlangsung apabila seseorang memberi suatu pandangan atau sesuatu sikap yang berasal dari dirinya yang kemudian diterima oleh pihak lain. sugesti dapat terjadi karena pihak  yang menerima dilanda oleh emosi. Sugesti kebanyakan terjadi dari seseorang yang paling berpengaruh dalam hidup seseorang.

c.       Identifikasi
Merupakan kecenderungan-kecenderungan atau keinginan-keinginan dalam diri seseoarang untuk menjadi sama dengan pihak lain.  identifikasi sifatnya lebih mendalam dari pada imitasi.

d.      Simpati
Merupakan proses dimana seseorang merasa tertarik pada pihak lain. perasaan memegang peranan yang sangat penting. Proses simpati akan dapat berkembangan di dalam suatu keadaan dimana factor saling mengerti terjamin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar